15
Des
09

Akhirnya Serentak

BERITA pertama yang terbaca di Koran Seputar Indonesia subuh ini, Pilkada 5 Kabupaten di Sumsel dilaksanakan serentak yakni 25 Juni 2010. Kesepakatan diambil melalui rapat koordinasi KPU Sumsel, KPU 5 Kabupaten, Panwas dan Pemerintah Provinsi Sumsel.

Banyak yang berkomentar, bila Pilkada serentak akan menghemat banyak biaya. Tentu ini statement keliru. Karena pendanaan Pilkada dilakukan masing-masing daerah secara terpisah, begitu juga dengan penggunaan dan pertanggungjawabannya.

Yang pasti titik konsentrasi tidak terfokus pada satu daerah saja. Ada yang rugi? Ya, bagi sebagian petualang politik ini merupakan sebuah kerugian. Tentu tidak bisa bertualang ke semua kabupaten pada saat yang sama.

Catatan bagi KPU Sumsel, tentu pengawasan dan koordinasi mesti benar-benar tepat. Terutama pada hari H. Hampir pasti 5 anggota KPU tinggal berbagi wilayah pengawasan. Semaksimal mungkin semua persoalan diselesaikan sesuai tingkatan di mana persoalan tersebut muncul.

Beberapa permasalahan sebenarnya sudah di depan mata. Semestinya saat ini rekruitmen Panwaslu sudah dapat dimulai. Namun masih terjadi tarik menarik antara Bawaslu dan KPU di tingkatan pusat. Bawaslu berkeinginan mengesahkan kembali Panwaslu Pilpres lalu, sementara KPU tetap berupaya melakukan rekruitmen berdasar UU.

Permasalahan dana, ini menjadi sangat penting. KPU dan Pemerintah Daerah harus benar-benar mampu menyiasatinya. Biasanya awal tahun anggaran, dana baru mungkin dapat dibelanjakan bulan Maret. Lantas bagaimana dengan kegiatan yang sudah harus dikerjakan dari sekarang?


0 Responses to “Akhirnya Serentak”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: