15
Des
09

PILKADA SERENTAK? MENGAPA TIDAK…

BELUM ada kejelasan apakah Pilkada yang akan diselenggarakan 5 Kabupaten di Sumsel (OKU, OKU TIMUR, OKU SELATAN, Ogan Ilir dan Musirawas) dapat serentak sebagaimana diwacanakan beberapa kalangan. Dari segi waktu memang wacana ini agak telat. Karena KPU setempat sudah ada yang terlebih dulu menyusun tahapan Pilkada masing-masing. Belum lagi sepertinya koordinasi yang dilakukan KPU Sumsel kepada KPU 5 Kabupaten tersebut belum maksimal.

Alasan utama munculnya wacana ini menyangkut kekhawatiran akan adanya eksodus, terutama pada daerah yang berbatasan langsung seperti OKU, OKU TIMUR dan OKU SELATAN. Berangkat dari alasan ini semesti dapat disikapi KPU setempat dengan memaksimalkan diri dalam penyusunan Daftar Pemilih Sementara dan Daftar Pemilih Tetap nanti. Memang persoalan klasik, namun ini harus diantisipasi sejak dini.

Keputusan jadi atau tidaknya Pilkada serentak tergantung KPU Sumsel dan KPU masing-masing 5 Kabupaten tersebut. Yang jelas, apapun keputusannya semuanya harus mempertimbangkan aspek hukum, teknis dan politis. Dan jangan sampai keputusan yang diambil nantinya berorientasi guna menguntungkan satu kandidat Bupati saja.


0 Responses to “PILKADA SERENTAK? MENGAPA TIDAK…”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: