18
Des
09

SPG ROKOK DAN SHALAT JUMAT

SPG (Sales Promotion Girl) Rokok dan Shalat Jumat? Pasti bingung apa hubungannya. Tapi kalau ada SPG Rokok yang menjajakan produk rokok di saat mau shalat Jumat dan di tempat shalat Jumat (Halaman Masjid) bagaimana?
Ini yang tampak di Masjid Agung Palembang. Di saat azan tengah berkumandang, tampak 3 gadis cantik dengan pakaian yang lumayan mengundang hasrat sambil menenteng rokok yang ditawarkannya.
Tidak masalah tentunya jika itu terjadi di Mall atau pusat keramaian lain. Namun ini terjadi di halaman Masjid, di tengah jamaah sibuk hilir mudik mempersiapkan diri akan shalat.
Umat Islam Indonesia yang banyak pengikut madzhab Imam Syafii berpegangan atas hukum batalnya wudhu apabila bersentuhan dengan yang berlainan jenis, apalagi ini cewek SPG yang tentu berpakaian dan dandanan menarik.
Sang SPG sama sekali tidak salah. Mereka hanya menjalankan perintah supervisor mereka. Nah, yang memberi perintah inilah semestinya tidak hanya berorientasi bisnis.
Hitung-hitungan bisnis sepertinya memang tepat, karena sasaran utama rokok adalah kaum pria. Dan di Indonesia shalat Jumat hanya dilakukan kaum pria. Tapi bisnis juga harus memikirkan aspek-aspek lainnya seperti kultur budaya, agama, adat istiadat dan kepatutan.
Di pihak lain, pengurus Masjid mesti juga jeli melihat ini. SPG rokok tadi hanya satu contoh saja, banyak juga kaum wanita yang menggelar dagangannya di Masjid Agung Palembang ini. Masih mendingan bila mereka berpakaian yang wajar atau tertutup aurat, tapi ini tidak.
Perlu kesadaran bersama, bahwa Masjid merupakan Rumah Allah yang perlu dijaga dan dipelihara kesuciannya.


2 Responses to “SPG ROKOK DAN SHALAT JUMAT”


  1. Januari 6, 2010 pukul 9:20 am

    SPG ya juga udah seperti robot, disuruh apa aja mau, tapi memang yang lebih parah supervisor “dumb head”

  2. 2 Wper
    Januari 6, 2010 pukul 6:17 pm

    SPG aja yang udah nggak tau diri


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: