Berdiri sejak 1 Januari 2009, Lintas Politika berkomitmen untuk ikut mewujudkan dinamika politik yang sehat dan dinamis serta santun dan berbudaya. Untuk itu beberapa program telah dilaksanakan seperti pendampingan Calon Anggota Legislatif Pemilu 2009 lalu. Kegiatan pendampingan ini menarik minat banyak Caleg. Yang mana kegiatan pendampingan dimulai dengan pembentukan karakter (pengembangan diri dan komunikasi massa), pembentukan opini, pemetaan, rekruitmen dan pembekalan saksi, mediasi dengan penyelenggara Pemilu, pengamanan hasil Pemilu.

Layaknya event politik, banyak kecurangan yang terjadi baik dilakukan oknum pelaksana Pemilu maupun oknum pimpinan partai. Sehingga Pasca Pemilu Legislatif, Lintas Politika banyak diberi kuasa dalam memberikan advokasi Caleg yang merasa dirugikan. Langkah mediasi dilakukan Lintas Politika  sehingga sampai beberapa kali mengadakan pertemuan dengan KPU Pusat. Serta beberapa kecurangan yang terpaksa dieksphose melalui pers.

Kegiatan pooling juga dilakukan menjelang Pemilu Legislatif 2009. Hasilnya Lintas Politika meyakini bahwa PDI Perjuangan dan Partai Golkar akan memperoleh masing-masing 7 kursi DPRD Kota Palembang (Harian Umum Radar Palembang, 17 Maret 2009). Dan ternyata hasil pooling ini tidak meleset!

Untuk kedua kalinya pooling dilakukan menjelang Musda Partai Golkar Sumsel. Pooling yang dilakukan menyimpulkan jika nantinya Alex Noerdin akan menjadi calon tunggal Ketua Partai Golkar Sumsel. Ini selanjutnya juga menjadi kenyataan, Alex Noerdin melenggang sebagai Ketua Partai Golkar Sumsel dengan calon tunggal.

Walau berusia relatif muda, Lintas Politika sudah cukup diperhitungkan dalam kancah dan dinamika politik Sumsel. Secara legalitas, Lintas Politika berdiri berdasar Akta Notaris Yandes Effriady SH Nomor 16/ 2009 serta terdaftar pada Badan Kesbangpol dan Linmas Sumsel Nomor 220/1713/Ban.Kesbangpol&Linmas/2009.


5 Responses to “Selayang Pandang”


  1. 1 Susanto Wijaya
    Desember 16, 2009 pukul 5:45 am

    Salut dengan gebrakan Pak Mukhlis yang tetap eksis dengan aktifitas politiknya. Saya amati, walau belum genap setahun namun Lintas Politika telah mampu memberi warna dalam percaturan politik khususnya di Sumsel.
    Ke depan, mudah2an Pak Mukhlis dan Lintas Politika tetap jaya!

  2. 2 Andi Qomaruddien
    Desember 16, 2009 pukul 6:00 am

    Utk pilkada 2010 nanti di ogan ilir juga diadakan polling dak? kami menawarkan diri ikut membantu lintas politika.

    • Desember 17, 2009 pukul 11:57 pm

      Trims commentnya. Insya Allah kita tengah menyelesaikan laporan polling pertama yang kita lakukan di 5 kabupaten se-Sumsel yang akan Pilkada 2010 mendatang, tmsk Ogan Ilir. Bantuannya tetap kami harapkan.

  3. Desember 17, 2009 pukul 11:44 pm

    Trims pak. Mohon trs dukungan dan kritiknya…

  4. 5 BELA PEMIMPIN PRO RAKYAT
    April 20, 2010 pukul 2:34 pm

    SENANG TAHU ADA LINTAS POLITIKA DI SUMSEL. NAMUN SEMOGA TAK CEPAT RUBUH SEIRING TAK ADA KLIEN YANG DITANGANI. SEBAGAI LSM, LINTAS POLITIKA YANG DIPIMPIN SDR MUKLIS SUDAH SELAYAKNYA MENJAUHI PENDEKATAN DARI PENGUASA DAN MATERI SEMATA. MESKI ADA TAWARAN DIBAYAR MAHAL UNTUK PENDAMPINGAN ,NAMUN HENDAKNYA TETAP MENGEDEPAKAN TRACK RECORD MORAL DAN TIDAK MENDAMPINGI YANG HOBI BERJANJI PALSU.

    PENGALAMAN SEBAGAI KETUA KPU PALEMBANG MEMANG MODAL DASAR , NAMUN INGAT ! UANG BUKAN SEGALANYA.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: